Visi Misi dan Tujuan Prodi Penjaskesrek



Jumat, 25 08 2017 1:50 pm

Visi Prodi Penjaskesrek
“Tahun 2025 Menjadi Prodi Penjaskesrek Percontohan dalam Pembelajaran yang Menghasilkan Pendidik Berperilaku Islami dan Profesional”

Misi Prodi Penjaskesrek

  1. Menyelenggarakan pembelajaran dan pembimbingan yang mendidik dan berbasis TIK guna menghasilkan lulusan yang memiliki ide baru untuk menghasilkan karya inovatatif,  berlandaskan budaya akademik dan nilai-nilai karakter bangsa.
  2. Mewujudkan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui  penelitian untuk meningkatkan kemajuan kualitas pembelajaran dan pembimbingan serta menghasilkan produk-produk ilmiah yang terkini dalam pendidikan jasmani di sekolah.
  3. Mewujudkan peran aktif seluruh civitas akademika dalam pembinaan dan pengembangan secara professional dalam pendidikan Jasmani di sekolah, dan kemajuan ilmu pengetahuan pada umumnya.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat  khususnya pada bidang  pendidikan, dan ilmu pengetahuan pada umumnya serta membe-rikan umpan balik bagi Program Studi S1 Penjaskesrek STKIP Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung.

Tujuan Prodi Penjaskesrek

  1. Mempunyai pemahaman yang akurat tentang hakikat keilmuan ilmu pendidikan dan perspektif yang visioner dan berkarakter yang pada gilirannya akan menjadi landasan untuk mengembangkan bidang ilmu  pendidkan jasmani kesehatan dan rekreasi (penjaskesrek) di sekolah.
  2. Mampu memahami secara komprehensif dan integratif landasan ilmiah ilmu pendidikan pada umumnya dan bidang ilmu penjaskesrek di sekolah pada khususnya.
  3. Mampu menyimpulkan secara koheren proses pendidikan yang secara objektif terjadi di Sekolah dan kemudian  menyikapinya berdasarkan konsep-konsep keilmuan sehingga terjadi pemberdayaan proses pendidikan yang optimal.
  4. Mampu meningkatkan profesionalisme guru penjaskesrek.
  5. Mampu menerapkan pendekatan sistem dalam rangka pengembang-kan pembelajaran yang komprehensif.
  6. Mampu menciptakan (creating): (a) rancangan program pembelajaran, dan (b) model pembelajaran di Sekolah.
  7. Mampu menggunakan berbagai sumber belajar terutama TIK dalam pembelajaran di Sekolah.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Prodi Penjaskesrek

Perencanaan Jangka Panjang (10 tahun) 

  1. Perencanaan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran meliputi: penyempurnaan kurikulum Program Studi S1 Penjaskesrek, pelatihan pengembangan silabus dan SAP, peningkatan kualitas pembelajaran melalui pelatihan model pembelajaran, peningkatan penyusunan buku ajar dosen sebesar 50%, pengembangan sarana dan prasarana pendidikan (ruang kelas ber AC, dan pemutakhiran alat-alat laboratorium, lapangan  dan perlengkapan untuk kegiatan praktik), dan target 50% dosen berkualifikasi akademik doktor.
  2. Perencanaan dalam bidang penelitian meliputi: penyusunan program payung penelitian program studi yang mengacu pada program penelitian Penjaskesrek Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung dan Dikti, perencanaan jalinan kerjasama penelitian dengan berbagai perguruan tinggi lainnya dan instansi terkait baik nasional dan internasional, peningkatan penelitian dosen untuk dapat masuk jurnal terakreditasi dan internasional, pengembangan sarana prasarana penelitian, dan menerbitkan  jurnal penelitian yang terakreditasi.
  3. Perencanaan dalam bidang pengabdian pada masyarakat meliputi: penyusunan program payung pengabdian pada masyarakat yang mengacu pada program pengabdian STKIP Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung dan Dikti serta pengembangan production house yang berorientasi profit.

Perencanaan jangka menengah (5 tahun)

  1. Dalam bidang pendidikan dan pembelajaran meliputi peningkatan kualitas kurikulum melalui lokakarya, penyusunan kurikulum dengan mengikut sertakan pakar kurikulum, stakeholder dan alumni, meningkatkan kenyamanan ruang perkuliahan dengan target ruang kelas 50% ber AC, ruang Praktik Indoor dan Outdoor, peningkatan kualitas  laboratorium dengan menambah jenis dan jumlah peralatan laboratorium, peningkatan kualitas dosen melalui program pelatihan model pembelajaran.
  2. Perencanaan dalam bidang penelitian meliputi perencanaan jalinan kerjasama penelitian dengan sekolah tinggi lainnya, melengkapi sarana dan prasarana penelitian, pelatihan dosen dalam bidang penelitian, dan pelatihan tata cara penulisan artikel ilmiah untuk publikasi nasional dan internasional.
  3. Perencanaan dalam bidang pengabdian pada masyarakat meliputi pengembangan laboratorium sekolah, pengembangan model pembelajaran menjadi production house, perluasan jejaring kerjasama dengan instansi lain baik tingkat nasional dan internasional, peningkatan dan perluasan topik program kerjasama dengan instansi terkait.

Jangka pendek (semester)

  1. Peningkatan kualitas program pendidikan dan pembelajaran meliputi: pengembangan buku pedoman akademik, peningkatan proses pembelajaran, baik pada tahap persiapan, proses dan evaluasi. Pada tahap persiapan dilakukan perencanaan jadwal perkuliahan dan menentukan tanggungjawab mata kuliah, pengembangan silabus dan SAP. Tahap proses dilakukan pengembangan model pembelajaran yang inovatif melalui pembelajaran berbasis kasus, melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dimana yang telah tersedia di setiap ruang kelas adalah LCD. Untuk mata kuliah praktik, lebih dikembangkan dengan memperbanyak tema-tema yang dapat diaplikasikan mahasiswa. Sementara evaluasi dilaksanakan dengan menggu-nakan konsep evaluasi on going yang menekankan proses, selain evaluasi tengah  semester dan akhir semester.
  2. Pengembangan SOP laboratorium meliputi perencanaan mata kuliah praktikum, dan pelaksanaan mata kuliah praktikum.
  3. Pengembangan SOP akademik meliputi pertemuan di Program Studi S1 Penjaskesrek tentang perkuliahan awal semester, tengah semester dan akhir semester, plotting dosen akademik, pengembangan sarana dan prasarana perkuliahan, perencanaan penjaminan mutu pembelajaran, perencanaan kelulusan dan yudisium, peningkatan kualitas dan kuantitas bahan ajar dosen, peningkatan kualitas dan kuantitas perpustakaan.
  4. Perencanaan program pengembangan sumber daya manusia meliputi pengiriman dosen dan tenaga kependidikan untuk mengikuti seminar dan pelatihan, serta mengirim dosen untuk mengikuti pendidikan strata tiga.
  5. Perencanaan membuat program penelitian meliputi kegiatan untuk penyegaran di bidang penelitian, pembuatan proposal penelitian, pengiriman dosen untuk mengikuti seminar, penyelenggaraan seminar di tingkat program studi, program penelitian yang melibatkan mahasiswa, publikasi hasil penelitian dan penerbitan jurnal penelitian.
  6. Perencanaan program kegiatan pengabdian pada masyarakat meliputi: penyusunan proposal untuk diajukan ke STKIP ISLAM TUNAS BANGSAdan Dikti.

Strateg Pencapaian Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

  1. Melakukan peninjauan kurikulum untuk menyesuaikan dan mengantisipasi kebutuhan guru Bidang Studi Penjaskes di masa sekarang maupun di masa yang akan datang,
  2. Penataan struktur organisasi dan pemanfaatan program kerja yang berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa, peningkatan kualitas sumber daya manusia, kelengkapan dan kesesuaian sarana dan prasarana penunjang, serta penciptaan suasana akademik yang kondusif.

Strategi Pencapaian Sasaran Periode 2011-2020

  1. Kepemimpinan yang transparan, konsisten dan mengutamakan kebersamaan.
  2. Pengelolaan kelembagaan yang sinergis, efisien dan produktif.
  3. Profesionalisme dalam manajemen.
  4. Partisipasi aktif, menyeluruh dan terbuka melalui penguatan peran unit-unit dasar.
  5. Jejaring dan kemitraan pada tingkat lokal, nasional dan internasional.