Visi Misi dan Tujuan Prodi PGSD



Jumat, 25 08 2017 1:00 pm

Visi Prodi PGSD
“Tahun 2025 Menjadi Prodi PGSD Percontohan dalam Pembelajaran yang Menghasilkan Pendidik Berperilaku Islami dan Profesional” di Tingkat Kopertis wilayah II.

Misi Prodi PGSD

  1. Penyelenggarakan pembelajaran berbasis TIK berlandaskan budaya akademik dan nilai karakter.
  2. Menyelenggarakan pembimbingan untuk menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif.
  3. Mewujudkan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui  penelitian.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan SD.
  5. Menghasilkan pendidik SD yang berperilaku Islami dan profesional.

Tujuan Prodi PGSD

  1. Memiliki Kompetensi Pedagogik, artinya sebagai pendidik SD yang memiliki kemampuan mengelola pembelajaran peserta didiknya.
  2. Memiliki Kompetensi Kepribadian, artinya sebagai pendidik SD memiliki kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan bagi seluruh peserta didiknya.
  3. Memiliki Kompetensi Profesional, artinya sebagai pendidik SD memiliki kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam.
  4. Memiliki Kompetensi Sosial, artinya sebagai pendidik SD memiliki kemam-puan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan  peserta didik, sesama pendidik, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Sasaran Prodi PGSD
Sasaran yang akan dicapai oleh Program Studi PGSD adalah dapat menghasilkan lulusan dalam kurun waktu yang tepat sesuai dengan kurikulum (selesai selama 8 semester). Seluruh lulusan diharapkan berkarier pada bidang yang relevan sesuai dengan kompetensinya, dan dapat mengembangkan diri dalam profesi yang didalaminya sehingga mampu menempatkan Program Studi PGSD dalam jajaran institusi yang terkemuka secara nasional dan global.

Strategi Pencapaian Sasaran

  1. Menambah dan mengganti sarana dan prasarana berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pembelajaran dan peningkatan mutu lulusan.
  2. Meningkatkan status akreditasi program studi PGSD dari BAN-PT.
  3. Mengevaluasi mutu lulusan menurut persepsi kepuasan pengguna.
  4. Peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan bertambahnya dosen yang mempunyai Gelar Doktor.
  5. Meningkatkan wawasan dan kualitas mahasiswa melalui kegiatan pelatihan, penelitian bersama (dosen dan mahasiswa), seminar, Visiting, Kuliah Umum (Stadium General), dan Academic Tour.
  6. Meningkatkan wawasan dan kualitas kegiatan dosen melalui keikutsertaan dalam pengabdian, seminar, lokakarya dan pelatihan.
  7. Mengimplementasikan sistem akademik dan non akademik yang bernuansa Islami.
  8. Meningkatkan prilaku Islami mahasiswa melalui kegiatan di dalam dan di luar kampus.