Rachmad Dodi Ariesna
Dosen STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran motorik berbasis permainan yang bervariasi dan menyenangkan pada mata pelajaran penjas anak tunagrahita yang layak digunakan. Dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah; (1) pengumpulan data, (2) menganalisa informasi, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi dan revisi dari ahli, (5) revisi produk berdasarkan hasil uji coba awal, (6) ujicoba terhadap produk hasil revisi pada wilayah yang lebih luas, (7) menyusun produk hasil pengembangan. Penelitian ini menggunakan uji coba model di lapangan dengan model skala kecil dan skala besar. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) angket, (2) lembar observasi aktifitas permainan, dan (3) format lembar penilaian siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif. Produk penelitian pengembangan ini yaitu buku panduan pembelajaran motorik berbasis permainan pada mata pelajaran penjas anak tunagrahita, yang berisi sepuluh model permainan, yaitu: (1) pembelajaran motorik berbasis permainan puzzle memasangkan balok sesuai bentuk, (2) pembelajaran motorik berbasis permainan puzzle memasangkan bentuk gambar, (3) pembelajaran motorik berbasis permainan memutari lingkaran, (4) pembelajaran motorik berbasis permainan melempar bola ke arah bendera, (5) pembelajaran motorik berbasis permainan melempar bola ke Simpai, (6) pembelajaran motorik berbasis permainan menendang bola ke gawang, (7) pembelajaran motorik berbasis permainan memasukkan bola kedalam tabung, (8) pembelajaran motorik berbasis permainan memasukkan urutan lingkaran, (9) pembelajaran motorik berbasis permainan mengambil bintang, dan (10) pembelajaran motorik senam gerak dan lagu.
Kata kunci: pengembangan, pembelajaran motorik, anak tunagrahita