Kontribusi Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Mini Zoo Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa MI

Nureva Dan Aulia Gustina Citra
Dosen STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kontribusi interaksi  guru  siswa  dan  proses  pembelajaran  IPA  menggunakan  alat peraga baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga mini zoo. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan correlational research berjumlah 210 orang. Teknik  sampling dengan stratified proportional random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 30 orang,  Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment.

Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat kontribusi positif antara guru-siswa sebesar  0,484  terhadap hasil belajar. (2) ada hubungan positif antara proses pembelajaran sebesar 0,447   terhadap hasil belajar. (3) ada hubungan positif sebesar    0,539 diantara guru siswa dan proses pembelajaran  bersama-sama  terhadap  hasil  belajar.  Hasilnya membuktikan bahwa motivasi belajar dan metode pembelajaran baik secara bersama-sama atau individu mempunyai kontribusi positif yang signifikan terhadap hasil belajar dengan menggunakan alat peraga mini zoo.

Kata Kunci : interaksi, alat peraga mini zoo, dan hasil belajar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top